Manajemen Pengawasan PT.XL Axiata Tbk.

Program – program yang dilakukan PT XL.AXIATA TBK.

Agar sasaran yang ingin diraih dapat direalisasikan dengan strategi yang telah ditetapkan, strategi perlu ditindaklanjuti dengan pelaksanaan (action). Pelaksanaan tidak akan efektif bila tidak didahului dengan perencanaan. Perencanaan yang baik minimal mengandung asas-asas untuk mencapai tujuan, realistis dan wajar, efisien serta merupakan cerminan dari strategi dan kebijakan perusahaan. Perencanaan yang masih dalam bentuk global hendaknya dibuat dalam bentuk yang lebih detail, misalnya dalam bentuk program-program kerja. Jika program kerja telah disiapkan berikut sumber daya yang dibutuhkan, maka pelaksanaan kerja sudah dapat dimulai. Pengendalian atau pengawasan dimaksudkan untuk lebih menjamin bahwa semua kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan hendaknya didasarkan pada rencana yang telah disepakati, sehingga sasaran tidak menyimpang atau keluar dari batas-batas toleransi.

Program yang dilakukan PT XL AXIATA TBK di bidang pendidikan:

  • Internet Sehat, melalui kerjasama dengan ICT Watch, kami mensosialisasikan penggunaan internet yang layak dan tepat guna untuk menghindarkan efek negatif dari penggunaan internet itu sendiri (seperti Pornografi, perjudian, kekerasan atau rasialisme). XL telah melakukan sosialisasi internet sehat ke komunitas blogger, komunitas online daerah dan juga ke berbagai sekolah di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. 
  • Taman Pintar, taman pintar Yogyakarta merupakan tempat pembelajaran interaktif (fun learning) mengenai lmu pengetahun dan teknologi yang ditujukan untuk anak-anak. XL ikut serta menyediakan zona telekomunikasi di Taman Pintar sejak tahun 2006. Layanan akses internet, chating, video call secara gratis diharapkan memberikan pengalaman belajar yang mudah dan menyenangkan. XL juga menyediakan telepon Umum Gratis yang dapat digunakan untuk para pengunjung Taman Pintar. 
  • Komputer untuk Sekolah (KUS) yang berganti nama menjadi Komputer untuk Sekolah Interaktif (KUS-i) merupakan program bantuan perangkat komputer untuk sekolah yang dirancang sebagai skema lima tahun terpadu dan berkelanjutan dengan target 500 sekolah. Program ini lahir dari inisiatif untuk meminimalkan kesenjangan kompetensi teknologi antara sekolah pedesaan dan perkotaan. Melalui kerja sama dengan berbagai mitra, XL memberikan lebih dari 570 komputer kepada 247 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia sampai tahun 2012, dan dengan demikian membantu pemerintah mencapai sasaran nasional satu komputer untuk setiap 20 siswa di tahun 2015. 

Program yang dilakukan PT XL AXIATA TBK di bidang ekonomi:
XL bersama PKPU ingin turut serta membantu program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan hidup (life skill) sebagian pencari kerja dengan menyelenggarakan pelatihan Teknik Service Handphone. Pelatihan yang diberikan meliputi unsur – unsur:
  • Kemampuan teknis ketrampilan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan ekonomi di daerah yang bersangkutan, sehingga usaha yang dididrikan dapat bertahan dan berkembang 
  • Peningkatan kualitas diri sebagai individu yang berkepribadian kuat 
  • Membangun jiwa dan semangat entrepreneurship 
  • Pengetahuan manajemen usaha, karena suatu usaha mutlak harus diorganisir dengan baik. Tanpa manajemen yang baik, usaha sulit berkembang. 

Program yang dilakukan PT XL AXIATA TBK di bidang aktivitas pennanggulangan bencana dan donasi:
  • Pembangunan sekolah yang dimulai sejak Februari 2010 adalah hasil kerjasama antara XL dan Pundi Amal SCTV. Sebelumnya XL juga melakukan bantuan darurat dengan mendirikan sekolah sementara di wilayah bencana. 
  • Membantu korban letusan gunung merapi dan tsunami mentawai 
  • Melakukan gerakan pemulihan Kali Code yang mengalami pendangkalan akibat terjangan banjir lahar dingin pasca letusan Merapi 

Program yang dilakukan PT XL AXIATA TBK di bidang seni dan budaya:
  • XL meluncurkan “soempah Pemoeda 2.0: semangat persatuan di era digital”. 
  • Untuk memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia, XL meluncurkan “Kartini Digital”. 
  • XL bekerjasama dengan detik.com menggelar program Aku cinta Indonesia (ACI) yang diluncurkan pada 22 September 2010.

Program yang dilakukan PT XL AXIATA TBK di bidang lingkungan:
  • Pengelolaaan lingkungan hidup di Indonesia diatur dalam undang-undang No 23 tahun 1997. Undang undang ini memperkenalkan konsep Analisis Mengenai dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai tanggapan untuk memepercepat perubahan dalam lingkungan dan pembangunan secara berkelanjutan. Sebagai tindak lanjut atas isu yang timbul mengenai perlindungan lingkungan dan keberlangsungannya, pada 24 Maret 2010, XL memperkenalkan aplikasi baru pada sekitar 12.00 Base Transceiver Station (BTS) yang ramah lingkungan dan hemat energi. Beberapa inovasi yang diterapkan terkait dengan pembangunann Green BTS yang dilakukan XL adalah sebagai berikut:
  • Penggunaan Charge Discharge Battery (CDC) 
  • BTS dengan Intillegent Ventilation system (IVS) 
  • Penerapan Green BTS, yaitu BTS yang mampu menghemat energi listrik hingga 50% 
  • Penerapan Non CFC for Air Conditioning (AC) 

          Jadi kegiatan CSR (Corprate Sosial Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan, PT XL Axiata Tbk telah melakukan banyak kegiatan CSR yang meliputi banyak bidang seperti pendidikan, ekonomi, penanggulangan bencana, seni budaya dan lingkungan. Maka dapat dikatakan PT Xl Axiata Tbk telah melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Pelaksanaan program CSR yang dilakukan XL berfokus pada upaya untuk membantu masyarakat dalam menyiapkan pemimpin Indonesia di masa depan, melalui pendidikan, terutama pendidikan yang berkaitan dengan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Adapun keuntungan yang diperoleh perusahaan melalui kegiataan CSR yang dilakukan tersebut adalah mendukung brand positioning dari perusahaan, meningkatkan profitability perusahaan, dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATABASE DAN CONTOH KASUS

Struktur Organisasi PT.Sidomuncul Tbk.

Fungsi Manajemen dari PT. Alam Sutera