DISTRIBUSI FREKUENSI


DISTRIBUSI FREKUENSI

SOAL

1. Sebutkan definisi:
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
2. Sebutkan singkatan dari TDF
3. Gambarkan bentuk umum TDF
4. Pada contoh 1 (list usia),
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
5. Dari contoh 1 dibangun 3 TDF.
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
6. Sebutkan prinsip pembentukkan Tabel Distribusi Frekuensi
7. Penentuan Banyak Kelas dan Interval Kelas
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
8. a) Berapa banyak kelas ideal pada list usiacontoh 1 bila menggunakan fungsi ceiling, dan berapa interval kelas idealnya?
b) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi floor, dan berapa interval kelas idealnya?
9. a) Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dari TDF 3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>) pada TDF3

JAWAB

1. a.) Distribusi Frekuensi : Pengelompokkan data dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting
data tsb dapat segera terlihat.
b.) Frekuensi : Banyaknya pemunculan data.

2. TDF adalah Tabel Distribusi Frekuensi.

3.

n : banyaknya data
fi : frekuensi pada kelas ke-i





4. a.) n = 50
b.) nilai data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c.) range : 63 - 16= 47

5. a.) TFD 1 = 5 kelas ; interval = 11
b.) TFD 2 = 6 kelas ; interval = 8
c.) TFD 3 = 7 kelas ; interval = 7

6. a.) Tentukan banyaknya kelas Jangan terlalu banyak/sedikit
b.) Tentukan interval/selang kelas Semua data harus bisa dimasukkan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjadi OVERLAPPING.
c.) Sorting data, lazimnya Ascending: mulai dari nilai terkecil (minimal), agar range data diketahui dan Mempermudah penghitungan frekuensi tiap kelas. Range : Selisih nilai terbesar dengan terkecil.

7. a.) Rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan Sturges : pembulatan ke atas atau ke bawah (celling / floor)
k = 1 + 3.322 log n
k = banyak kelas ; n = banyak data
Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas ; k = banyak kelas ; r = range data

8. a.) k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439..
k = 6.6439
dengan ceiling, maka k = 7
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439...
k = 6.6439
dengan floor, maka k = 6
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8

9.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATABASE DAN CONTOH KASUS

Struktur Organisasi PT.Sidomuncul Tbk.

Fungsi Manajemen dari PT. Alam Sutera