Macromedia Flash


Image result for macromedia flash adalahMacromedia Flash adalah sebuah program multimedia dan animasi yang keberadaannya ditunjukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun, presentasi bisnis maupun kegiatan. Disamping itu, tidak menutup kemungkinan juga dengan menggunakan secara optimal kemampuan penggunaan pasilitas menggambar dan bahasa pemrograman pada Flash (Action Script) ini kita mampu membuat game-game yang menarik.

Oleh karena itulah, maka program Macromedia Flash ini disediakan berbagai macam alat atau yang lebih dikenal dengan nama Tools dan berbagai fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi, guna melahirkan ide-ide yang tersimpan di dalam pikiran kita. Pada akhirnya, dengan tersedianya sejumlah kelebihan dan kemudahan yang ada, maka untuk mewujudkan sebuah karya animasi indah dan spektakuler seperti yang pernah kita lihat di Film, iklan, dan halaman web, bukanlah sebagai impian belaka. 

1. Macromedia Flash sebagai program multimedia dan animasi mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan program animasi lainnya, yaitu sebagai berikut:
 2. Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat mempelajari dan memahami Macromedia Flash dengan mudah tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut.  Pengguna program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes (bebas) sesuai dengan alur adegan animasi yang dikehendakinya.
3. Macromedia Flash ini dapat mengahasilkan file dengan ukuran kecil, hal ini dikarenakan Flash menggunakan animasi dengan basis Vektor, dan juga ukuran file Flash yang kecil ini dapat digunakan pada halaman  web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
4. Macromedia Flash menghasilkan file bertipe (Ekstensi) FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe.swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. Hal ini memungkinkan penggunaan program Macromedia Flash untuk berbagai keperluan yang kita inginkan.


A. Mengenal Panel Timeline 

Timeline merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau lambatnya animasi yang kita buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek-objek dari setiap layer.

Bagian-Bagian Time Line

Keterangan :

A = Layer, adalah suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie Flash. Jadi, objek yang berada di layer paling bawah akan tertutup oleh objek yang berada pada layer di atasnya.

B = Keyframe, adalah suatu frame yang berisikan satu objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan hitam pada frame.

C = Blank Keyframe, adalah suatu frame kosong di mana di dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank Keyframe tersebut diisikan sebuah objek, maka ia akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai dengan bulatan putih pada frame.

D = Playhead, adalah suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan animasi di stage tanpa perlu melakukan Test Movie terlebih dahulu. Playhead ditandai dengan kotak slider berwarna merah yang terletak di atas frame.

E = Frame, adalah suatu wadah bingkai yang membentuk suatu movie Flash. Movie tersebut terdiri atas sekumpulan gambar yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie terlihat seolah-olah bergerak.



B. Pengenalan Macromedia Flash 8 


Macromedia Flash 8 adalah versi terbaru dari Flash. Sejak diakuisisi oleh Adobe, kemampuan dan fitur-fiturnya menjadi sangat dahsyat dan lengkap sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi seperti animasi web, kartun, multimedia interaktif, sampai aplikasi untuk ponsel. Selain itu, Flash 8 juga kompatibel Dengan software-software desain dan animasi lainnya.

Bagian-bagian Macromedia Flash 8


A = Menu Bar, adalah sekumpulan perintah yang digunakan dalam Flash, seperti menu File > Save yang berfungsi untuk menyimpan file Flash.

B = Toolbox, adalah sekumpulan tool yang digunakan untuk
menggambar dan mengedit objek (Tools), mengatur sudut pandang (View), menentukan warna (Colors), dan opsi pilihan dari setiap tool yang ada (Options).

C = Panel Timeline, adalah panel yang berfungsi mengatur jalannya animasi yang kita buat. Di sini kita bisa mempercepat maupun memperlambat animasi.

D = Stage, adalah kanvas tempat kita meletakkan dan mengedit objek-objek Flash.

E = Panel Properties, adalah panel yang menampilkan atribut dari suatu objek yang sedang aktif sehingga atribut objek tersebut dapat kita ubah.

F = Panel Actions, adalah panel yang berisikan bahasa pemrograman ActionScript yang digunakan untuk membuat animasi interaktif.

G =Panel Color, adalah panel yang berfungsi untuk mengatur komposisi warna stroke maupun fill pada objek.

H = Library, adalah panel yang berfungsi untuk menyimpan objek-objek yang telah dijadikan symbol.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATABASE DAN CONTOH KASUS

Struktur Organisasi PT.Sidomuncul Tbk.

Fungsi Manajemen dari PT. Alam Sutera